Wednesday, January 28, 2015

First Crush

“Wah, capek banget kayaknya hari ini..”, keluh Putra.
Ya, memang seperti ini lah hari Selasa. Hari Selasa ini adalah hari dimana kita bisa menghabiskan waktu seharian di kampus karena padatnya jadwal kelas dari pagi sampai sore. Oh iya, nama gue Dimas, gue kuliah disalah satu universitas yang cukup terkenal di Jakarta. Yang tadi itu temen gue, Putra. Kami berteman sejak pertama kali masuk universitas ini, saat ospek. Sewaktu ospek dulu, gue cukup pendiam, ya karena memang gue agak introvert  dilingkungan baru, tapi jika udah kenal dan ngerasa nyaman dengan sekitar, gue bisa berubah jadi ekstrovert. Aneh sih emang, cuma gue punya beberapa alasan kenapa gue suka selalu jadi introvert gitu. Bukan, bukan karena gue kuper kok. Jadi, waktu ospek dulu ada salah satu kenalan gue yang lain, yang sekarang udah jadi sahabat buat gue, namanya Indra, dia satu kelompok sama gue pas ospek, dan kebetulan gue jadi ketua kelompok. Orang yang introvert kenapa bisa jadi ketua kelompok sih? Mungkin itu salah satu pertanyaan dibenak kalian. Pas ospek itu gue datang agak telat, bukan telat lewat jam yang udah ditentuin, tapi telat baris sama kelompok yang udah ditentukan sebelumnya, disaat yang lain udah pada baris per kelompok, gue masih sibuk nyari dimana kelompok gue. Karena jumlah peserta ospek yang begitu banyak, jadi lumayan bingung buat nyari barisan kelompok gue. Pas awal gue dikasih tau sama senior kalo gue itu ada dikelompok K-45.
“Kak, maaf, saya nyari kelompok K-45, daritadi saya gak ketemu.”, tanya gue ke salah satu panitia ospek.
“Kamu kemana aja, itu disana. Masa gak ngeliat papan bertuliskan ‘K-45’?”, jawab panitia tersebut.
Lalu gue lari ke barisan yang seharusnya dengan membawa barang-barang ospek yang lumayan berat. Kalau diingat-ingat saat gue lari itu, dengan kepala yang botak dan membawa karung goni (salah satu syarat ospek) gue ngerasa kalau gue ini tuyul yang baru aja dapet barang curian. Salah satu pengalaman yang unik.
“Kamu kelompok K-45?”, tanya seorang menthor kelompok. Dan gue pun meng-iya kan pertanyaan tersebut.
“Baris paling depan ya, disebelah saya, kamu jadi ketua kelompok.”, suruhnya. Tanpa banyak tanya, gue menyanggupi suruhannya, jadi ketua kelompok.
Ospek pun dimulai. Saat istirahat, orang dibelakang gue memulai basa-basi untuk berkenalan dengan gue. Iya, orang itu adalah Indra. Kami pun mengobrol panjang lebar. Dan ternyata, Indra ada dikelas yang sama dengan gue. Kami masuk kelas 1SI03.
Dikelas temen gue engga cuma Indra, dengan berjalannya waktu, gue mulai deket dengan teman lainnya. Adaptasi gue dengan kelas engga memakan waktu yang lama, jadi gue engga terus jadi orang yang introvert. Satu per satu pun mulai deket dengan gue dan Indra. Selain Putra, kami juga punya teman dekat cewek, namanya Linda. Kami ber-empat punya kelompok main sendiri, hampir selalu sama-sama kalau dikelas. Engga jarang kita satu kelompok belajar bareng, dan teman yang lain juga engga heran kalo kita ada disatu kelompok jika disuruh buat tugas kelompok atau semacamnya. Mereka itu jadi tempat susah dan senang gue,begitu juga sebaliknya. Sering bantu saat yang lain sedang susah dan lain-lainnya. Gue masih inget banget waktu kita bantuin Indra untuk pindah kost ke tempat kost baru yang lebih dekat dengan kampus.
Seperti yang gue bilang sebelumnya, hari Selasa ini adalah hari yang cukup melelahkan dari hari lainnya. Kelas pertama dimulai pas jam pertama, lebih tepatnya jam 07:30. Lalu, kelas terakhir selesai jam 16:30. Setelah selesai kelas terakhir, biasanya kita ngobrol-ngobrol bareng di tempat yang udah jadi langganan buat kita singgahi. Tempat parkir kampus gue ada 4 lantai, dan dilantai 4 atau lantai paling atas itulah tempat kami menghabiskan hari Selasa ini. Karena sudah sore, lantai 4 itu sudah sepi, dan engga banyak kendaraan yang parkir, dan disana ada satu gudang gitu, tempat janitor. Disitu ada banyak barang, salah satunya ada beberapa kursi yang biasanya digunakan oleh satpam untuk jaga gedung parkir per-lantai. Kami suka mengambil kursi-kursi tersebut dan mulai untuk ngobrol, bercanda, atau hanya sekedar menghabiskan waktu untuk liat matahari terbenam. Mungkin pemandangan matahari terbenam digedung parkir engga seindah di pantai, cuma semuanya bakal indah dan menyenangkan kalau ada mereka.

“Kok cuma berdua doang? Linda dan Indra kemana?”, tanya Pak Dodo yang heran melihat kita hanya datang berdua ke gedung parkir.
“Haha, iya, Pak. Yang lagi ada waktu luang cuma kita berdua aja.”, jawab Putra.
Pak Dodo adalah satpam yang hampir selalu ada diatas waktu kita main. Entah kenapa ia senang untuk jaga lantai 4 ini. Sering sekali ia mengingatkan kami jika langit udah mulai gelap, lalu menyuruh kami untuk pulang.
Hari ini gue cuma sama Putra yang bisa main disini. Linda sudah pulang duluan karena dijemput oleh ayahnya, lalu Indra yang pulang karena ingin menemui sepupunya yang telah menunggu di tempat kost yang dia tinggali.
“Eh, eh, eh, tau gak? Waktu gue reunian Minggu kemarin, gue ketemu sama cewek yang pertama gue suka!”, Putra berseru.
“Ya terus kenapa? Dia udah nikah?”, gurau gue.
“Engga lah! Dia masih single ternyata, hahaha. Makin cantik dia, Dim! Sempet engga ngenalin gue pertama kali liat. Terus dia deketin gue gitukan, sambil basa-basi gitu. Gue sempet bingung gitu, dia siapa sih, kok kayak keliatan kenal gue banget. Dia aneh gitu kayaknya liat gue bingung, terus akhirnya dia nanya kalo gue kenal dia apa engga. Ya gue bilang aja engga.. Hahahahaha.”, curhatnya.
“Parah lo! Haha. Terus dia ngambek dong?”, tanya gue.
“Engga lah, masa ngambek. Gue sempet mikir, gila seganteng apa sih gue sampe ada cewek cantik yang basa-basi sama gue gini. Hahaha”, Putra tertawa geli.
Dengan muka yang agak males, gue jawab, “Ih sok ganteng banget lo.”
“Becanda doang. Hahaha. Terus akhirnya gue sama dia ngobrolin masa lalu gitu, lucu banget. Gue lagi deketin dia nih, Dim. Hehehe”, lanjut Putra.
“Pasti lo langsung minta kontaknya dia ya?”, tebak gue.
“Iya dong! Kan siapa tau aja gue jodohnya dia ya kan? Amin! Hahaha. Liat deh, cantik banget kan?”, Dia menjawab sambil memperlihatkan foto cewek tersebut.
Gue pun jawab, “Ah biasa aja, cantikkan gebetan gue yang kemaren.”
“Ah emang selera lo kan tinggi banget, Dim. Jadi wajar aja kalo lo bilang cantikkan Shinta daripada cewek yang gue suka.”, Putra kecewa.
Shinta itu gebetan gue yang cantiknya bukan main. Dia anak jurusan akuntansi, beda sama gue. Dan entah kenapa, makin lama dia kayak ngebosenin gitu kalo diajak ngobrol atau cerita. Jadi, gue mengurungkan niat gue untuk jadiin dia pacar gue. Terkadang, muka aja gak cukup buat kita bahagia dalam menjalani sebuah hubungan. Percuma kalo muka cantik tapi engga enak kalo diajak cerita atau ngebosenin gitu.
“Eh, lo pernah gak sih ketemu sama cewek yang pertama kali lo suka? Seneng banget ya rasanya ngeliat dia makin cantik, jadi kayak kita gak salah pernah suka sama dia. Hahaha”, lanjutnya.
“Gue belum pernah ketemu sama cewek yang gue suka, Put. Waktu terakhir temen-temen SD gue ngadain reunian. Dia gak dateng. Haha”, kata gue.
Gue pun jadi inget hampir semua kejadian yang pernah gue alami sama cewek yang pertama kali gue suka itu. Dan gue pun mulai bercerita sama Putra.
Gue pertama kali bener-bener ngerasain suka dan mungkin jatuh cinta sama cewek itu pas SD. Gue sekolah di SD swasta dekat rumah. Cowok yang suka sama dia banyak banget, dia putih, mukanya lucu, terus badannya wangi! Haha. Dia tuh punya aroma yang beda banget sama temen cewek gue lainnya di sekolah. Setiap sama dia tuh kecium banget wanngi khasnya, gue sampai hafal wanginya dia. Kalau udah deket dia, gue kayak gak mau pisah gitu, hahaha. Gue ngerasain sekelas sama dia cuma dikelas 5-6 SD. Dan gue pernah sebangku sama dia dikelas 5. Mungkin benih-benih cinta nya tumbuh pas saat itu kali ya? Haha. Waktu hari pertama masuk dikelas 5, gue duduk sebangku sama temen yang emang udah gue kenal dari kelas sebelumnya. Terus gue belum terlalu kenal sama cewek itu. Oh iya, cewek itu namanya Risti. Gak lama gue masuk kelas, bel pun berbunyi. Masuklah seorang oknum guru yang mengaku bahwa dirinya adalah seorang wali kelas. Hahaha. Dan ternyata, wali kelas ini udah kenal deket sama Risti, terus tiba-tiba dia nyuruh gue duduk sama Risti! Gue sempet bete gitu karena kepisah sama temen gue, wajarlah ya masih anak kecil, kalau duduk sama cewek suka di”ciye-ciyein”. Dan bener aja, pas gue pindah tempat duduk ketempat Risti gue digituin, kan malu abis. Yaudah lah gue tahan badan, lagipula temen sebangku gue yang baru ini cantik. Hahaha. Jujur, gue dulu itu pintar, selalu dapet rangking pas SD. Mungkin itu salah satu alasan kenapa wali kelas pindahin gue jadi duduk sama si Risti, biar dia jadi giat belajar.
“Ya ampun, gara-gara gitu doang lo jadi cinta? Kasian banget lo kalo tau dia ternyata gak suka sama lo! Hahaha”, Putra pun tertawa.
Bukan, bukan itu yang buat gue jadi suka banget atau cinta sama dia. Pertama kali gue duduk sama dia tuh canggung banget, kita diem-dieman gitu. Sampai pada akhirnya dia sapa gue! Terus gue kayak tatap dia dengan senyuman gue yang paling indah. Haha. Lama kelamaan kita makin akrab. Rumah dia sama gue juga engga jauh, kita cuma kepisah antar RT aja. Sering main bareng terus suka jalan-jalan ke mini market atau apalah itu bareng sama temen lainnya. Kalo ada tugas kelompok gue suka berharap banget satu kelompok sama dia, karena gue orang nya agak introvert waktu kecil, jadi gue engga berani buat ngajak dia satu kelompok bareng. Mungkin dia yang lebih sering ngajak gue satu kelompok bareng, dan gue tanpa banyak tanya langsung meng-iyakan. Haha. Jadi, dulu pernah kita satu kelompok buat tugas IPS. Tugasnya itu kita disuruh buat peta satu negara, kita dapet negara Thailand. Kita ngerjain bareng-bareng yang lainnya dirumah salah satu temen gue. Sebelum berangkat gue suka kerumah dia dulu buat jalan bareng kerumah Dita (salah satu temen kelompok). Kita jalan berdua gitu kerumah dia, karena dulu yang masih belum terkenal yang namanya naik motor, jadi waktu jalan ketempat tujuan tuh rasanya seneng banget berduaan gitu, terus wangi dia tuh enak banget pas dihirup. Hahaha. Wanginya itu suka buat kangen, terus gue kadang suka pengen banget nanya dia itu pake sabun mandi apa, haha. Waktu kecil emang suka agak ide banget gitu, gak cuma gue yang suka ngide, hampir semua anak kecil pasti gitu. Tugas kelompok ini cukup memakan waktu, jadi suka sampai malam kita baru pulang kerumah masing-masing, dan gue jadi kayak ngerasa deket banget sama dia. Jajan bareng, ngobrol bareng, becanda bareng. Senang!
“Sweet banget dong, Dim? Hahaha. Terus gimana lagi?”, tanya Putra penasaran.
Bulan puasa tiba, waktu kecil tuh bulan puasa kerasa banget lapar dan hausnya. Sampai pernah waktu itu gue ngumpet-ngumpet dari mama buat minum air dingin dikulkas. Pas bulan puasa ini gue sama dia suka ngabuburit bareng, suka main kerumah temen lain atau hanya sekedar membeli makanan di mini market depan komplek. Karena dulu hanphone dan gadget lainnya masih menjadi barang yang mewah, pertemuan gue sama dia itu yang paling gue tunggu-tunggu setiap harinya. Di bulan puasa kita mengenal yang namanya sholat tarawih, dan ada kejadian menyenangkan yang buat gue gak bisa berkata-kata setelah sholat tarawih. Jadi dulu yang suka sama Risti engga cuma dilingkungan sekolah, tapi disatu komplek. Wajar memang kalau dia banyak yang suka. Dan ada salah satu cowok yang suka sama Risti, rumah anak itu engga jauh sama Risti, sama kayak gue. Tarawih pun selesai, dan saat gue pulang ada Risti dan Yulia didepan masjid yang sepertinya sedang menunggu seseorang. Gue jalan dan saat sudah beberapa langkah dekat dengan mereka, Yulia memanggil gue. Lalu gue tanya kenapa.
Sambil berjalan kearah pulang Yulia bertanya, “Lo mau gak jadi pacar bohongannya Risti?”
Disitu perasaan gue udah dicampur aduk sama pertanyaan yang sedikit aneh tapi bikin bahagia. Ternyata, cowok yang suka sama Risti itu selalu memanggil-manggil Risti saat lewat depan rumahnya, dan suka menggoda Risti jika engga sengaja papasan dijalan. Mungkin cowok itu buat Risti terganggu, oleh karena itu mencari seorang cowok yang bisa dijadikan pasangan agar cowok tersebut engga mengganggu Risti lagi. Risti terlihat agak menjauh dari kami berdua yang sedang ngobrol, mungkin dia agak malu. Yulia terus menanyakan ke gue untuk mau apa tidak nya tawaran dia, gue yang seketika stunned dengan pertanyaan itu engga bisa menjawab apapun.
Lalu Yulia berkata, “Udah bilang aja iya. Pasti lo emang mau banget kan.”
Saat Yulia menanyakan kembali pertanyaan tersebut, gue dengan khilaf menjawab, “Terserah, deh..”
Yulia dan Risti pulang bersama, begitu pun dengan gue.
“Dijalan pulang hati gue seneng banget, Put! Hahahaha. Lari-larian sambil senyum gak jelas gitu.”, gue tertawa.
“Ah itu sih dia emang juga suka sama elo, Dim. Hahaha. Jago banget lah emang lo.”, Putra tepuk tangan.
“Iya sih, cuma ada beberapa yang bikin kecewa, Put.”, jawab gue.
“Yah, kenapa? Lo berdua emang gak jadian?”, tanya nya.
Kita berdua pun sudah naik ke kelas 6, dan ternyata gue dan Risti satu kelas lagi. Hari pertama masuk sekolah setelah liburan, semuanya mulai dari awal, mulai dari jadwal pelajaran yang berbeda, wali kelas yang beda, dan jadwal piket yang berbeda-beda pula. Di hari itu semua murid memiliki hak untuk memilih teman sebangkunya yang otomatis membuat gue dan Risti ada kemungkinan untuk tidak duduk sebangku seperti di kelas 5. Karena jarak sekolah yang tidak begitu jauh, jadi gue engga terburu-buru untuk berangkat ke sekolah. Sesampainya disekolah ternyata sudah begitu ramai, dan terlihat Risti yang sedang diam dan merenung didepan kelas. Oh iya, Risti ini suka banget merenung, diam dengan tatapan yang kosong, di saat itu lah gue suka curi-curi pandang ke dia karena dia engga tau kalau gue sedang liat mukanya.
“Heh, bengong mulu..”, seru gue.
“Eh, hahaha. Baru dateng? Duduk sama gue lagi yuk!”, ajak Risti.
Pagi itu terasa indah begitu dia mengajak gue untuk duduk sebangku lagi. Sebelumnya gue memang sangat amat ingin kembali duduk sebangku dengannya. Dengan cepat gue pun menanyakan tempat duduk. Begitu gue dan Risti masuk kelas untuk ketempat duduk ada seorang perempuan, teman kami, bilang ke Risti kalau dia ingin duduk sebangku dengannya. Risti meminta maaf kepada gue karena sudah ada teman lain yang ingin duduk dengannya. Gue pun tetap tersenyum dan engga ingin menunjukkan kekecewaan gue. Risti menyarankan agar gue duduk dengan Geri yang tempat duduk nya tepat berada dibelakang Risti, dan akhirnya gue duduk dengan Geri.
“Nah loh!!!! Bete parah dong lu, Dim? Hahahaha”, Putra pun menertawakan cerita gue.
Anak cewek waktu dijaman gue dulu suka banget main surat-suratan pake kertas. Jadi mereka menyiapkan satu kertas kosong, terus mereka tulis curhatan atau cerita lainnya dikertas tersebut, lalu mereka oper kertas tersebut ke teman disebelahnya untuk mendapatkan respon. Risti dan teman sebangkunya, Farah, pernah melakukan hal ini. Pada hari itu ketika guru sedang keluar, gue sedang mengobrol bersama Geri dan Risti yang sedang sibuk main surat-suratan bersama Farah. Karena gue engga pernah mau tau apa yang mereka omongin, jadi gue engga berusaha buat liat apa yang mereka sedang tulis dikertas tersebut. Dengan engga sengaja Geri yang sedang berdiri membaca tulisan yang ditulis oleh Farah dan membacakan tulisan itu. “Mendingan sama Hadi aja, kalo Dimas masih keliatan agak kekanak-kanakan”, entah apa maksud tulisan tersebut. Setelah Geri membacakan tulisan tersebut, Farah langsung marah kepada Geri yang tertawa membaca tulisan tersebut. Risti pun meminta maaf ke gue, dan bilang kalau Farah engga bermaksud untuk mencela gue. Setelah kejadian itu gue dan Risti agak jauh. Risti sering terlihat jalan sendirian kerumah Farah. Dan engga lama kemudian, tersebar kabar bahwa Hadi dan Risti sudah menjadi sepasang kekasih.
Putra berkata, “Belakangnya gak enak banget, Dim! Gara-gara dihasut Farah tuh ya, padahal kan dia pengennya sama elo.”
“Ya namanya juga anak kecil, Put. Hahaha. Tapi yaudahlah ya, gue juga dulu gak ngerti cinta-cintaan gitu. Udah ah, jadi kangen kan gue. Haha”, jawab gue.
“Kok kalian belum pulang? Cepat pulang sana, udah mau maghrib.”, suruh Pak Dodo.
“Oh iya, gak kerasa. Hahaha. Yaudah, Pak. Kita pulang dulu..”, kami pun salim dengannya lalu pulang.
“Kursinya kenapa gak dikembaliin ke gudang?!”, teriak Pak Dodo.

“Maaf, Pak! Lupa! Hahaha”, teriak kami sambil tertawa dan pulang.

No comments:

Post a Comment