Monday, September 14, 2015

Kicauan-Kicauan Si Burung Biru

Media sosial, bisa dibilang kalo ini adalah salah satu hal yang udah jadi fenomenal dimasa kini, dan mungkin akan terus bertahan sampai entah kapan lamanya. Gak cuma jadi perantara buat penyambung tali silaturahmi doang, media sosial juga sekarang udah jadi teman penghibur diri disaat kesepian melanda. Dengan alat-alat yang sekarang makin canggih, seperti smartphone contohnya, makin memudahkan kita buat terus nge-akses media sosial setiap waktu. Udah banyak orang yang sekarang lebih rela ketinggalan dompetnya daripada smartphone yang ia milikki. Gak kayak dulu pas gue SD yang kalo mau internetan gak bisa pake handphone dan harus sambungin kabel dari telepon rumah ke komputer untuk internetan, dan kecepatannya pun lambat, gak secepat sekarang. Oh iya, jadi inget dulu jingle iklan penyedia jasa internet, “Kosong delapan kosong sembilan delapan sembilan empat kali, Telkom Net Instan..”. Hahaha. Abaikan, oke, lanjut..
Jaman sekarang udah bukan jadi hal yang aneh lagi kalo orang lebih asik buat nunduk hanya untuk sekedar melihat smartphone  yang ia genggam daripada menegakkan kepala buat liat lingkungan sekitarnya. Kadang gue mikir, hal yang kayak gini lama-lama bisa aja ngurangin rasa kepedulian dengan lingkungan sekitar. Media sosial jadi lebih menarik ditengok daripada kejadian-kejadian disekitar, gak semua orang sih, tapi suka ada aja yang bersikap kayak, “Yaudahlah..”. Ya pokoknya jangan sampe aja hal yang kayak gitu nge-distract rasa empati kita ke lingkungan sekitar. Bagaimana pun juga, bersosialisasi di lingkungan sekitar itu lebih bermanfaat dan bisa lebih ngebangun diri kita sendiri. Sotoy banget gak sih? Hahaha
Media sosial yang pertama kali gue rasain itu adalah Friendster, jadi, Friendster itu mungkin media sosial pertama berbasis pertemanan yang cukup luwes dengan foto album, profile yang bisa diotak-atik dan embel-embel lain yang bikin Friendster makin keren. Hmm, menurut gue, dia itu salah satu nenek moyangnya media sosial kayak Facebook dan semacamnya lah. Ada lagi temannya kayak myspace yang lebih fokus ke musik, dll. Tapi menurut gue Friendster jadi salah satu faktor perkembangan dari media sosial yang berkembang sekarang ini. Beda lagi sama media sosial buat chatting, dulu sih suka banget iseng mainin mIRC, “Hai, ASL?”, hahaha. Seiring perkembangan jaman, inovasi-inovasi membuat media sosial terdahulu semakin kalah saing dan ditinggalkan oleh penggunanya. Fitur-fitur media sosial sekarang lebih lengkap dan malah kadang terlalu over. Hampir semua media sosial gue cobain, well, gak semua sih, tapi sebagian besar yang sedang hype dijamannya itu gue coba.

Sampai saat ini, media sosial yang masih nyaman buat gue adalah Twitter! Facebook udah gue tinggalin (Gak ditinggal sepenuhnya, kadang masih suka ditengok-tengok dikit sih), karena sekarang ini Facebook kayak penuh gitu. Banyak banget yang nge-bala buat nge-tag foto-foto aneh, notif juga makin penuh sama hal-hal yang gak begitu penting buat gue, belom lagi ads-nya yang gede-gede. Jadi lama-lama ngerasa kurang nyaman buat pake Facebook. Beda sama Twitter yang menurut gue gak terlalu banyak embel-embel, lebih simpel. Dulu sempet banyak sih akun-akun bot yang nyampah di mention, tapi sekarang udah jarang dan buat Twitter lebih nyaman lagi kayak semula. Yang bikin si burung biru ini juara itu kicau-kicauan nya dapat menyebar luas dengan cepat. Twitter itu portal berita buat gue, hampir setiap hari timeline gue swipe down terus. Gampang banget buat nyari berita-berita tentang apa yang gue sukain, dan headlines berita dunia disini. Sayangnya, beberapa atau mungkin sebagian besar temen gue, sekarang udah jarang pake media sosial ini, padahal Twitter kan bisa jadi bermanfaat banget buat nambah ilmu pengetahuan umum, dll. Mungkin fitur Twitter gak sebanyak, dan mungkin juga karakter Twitter gak sebanyak media sosial lain. Dengan Twitter, gue jadi gak kudet dari semua momen-momen penting dari seluruh dunia yang baru aja terjadi.

Setiap orang punya kadar atau selera kenyamanan masing-masing. Salah satu faktor kenyamanan dari penggunaan media sosial itu menurut gue dari cara pandang orang dan tujuan-tujuan dari penggunaannya sih. Hahaha. Mau gimana pun selera dan kenyamanannya, mau apapun media sosial yang selalu kalian “refresh” setiap harinya, pokoknya yang terpenting itu satu, harus selalu mengedepankan aktivitas sosial yang positif! *wink*

No comments:

Post a Comment