Sunday, July 26, 2015

Short Story, Eh, Wait..

Mau cerita sedikit ah, sedikit aja. Hahaha. Jadi kemaren itu gue dan keluarga trip ke pantai gitu. Gak cuma keluarga gue doang sih, bareng satu keluarga tante gue, plus ngajak nenek juga. Kita mau pergi jalan-jalan, ke pantai, Bagedur namanya. Terus tante gue ngajak tetangganya yang tau jalan, dan dia bilang, “Nanti kita lewat jalan pintas, jadi deket, gak perlu jauh muter.”. Baguslah jadi gak perlu jauh banget muternya kalo lewat jalan biasa.

Jarak ke pantai Bagedur nih. Hmm..
Pas udah deket jalan pintas itu, gue cek maps, dan directions-nya sesuai dengan apa yang kita mau laluin. Dijalan gue selalu liat maps, buat liat seberapa jauh lagi tempat tujuan, huh gatelan banget deh pokoknya, udah pegel. Hahaha. Ternyata emang jalan ini udah jadi alternatif buat ketempat tujuan. Lewatin Rangkas gitu, udah lama banget gue engga ke daerah sini, sebelumnya itu SMP kalo gak salah. Rumah makin lama makin sepi jalan juga gak gede-gede banget, paling cukup 2 mobil doang, bener-bener alternatif. Terus jadi kepikiran, kita aja yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya selalu ngeluh macet dan sebagainya, tapi mereka engga pernah ngeluh gitu, ya walaupun jalannya gak macet, tapi mereka jauh dari tempat hiburan sedangkan kita udah enak banget deket sama hiburan dan lain-lain. Kurang-kurangin ngeluh deh ya, sekarang jadi pikirin aja bagaimana cara bantu kota Jakarta jadi bebas macet, turut berkontribusi dengan suara-suara positif, bukan keluhan.
Jalanan makin nanjak, dan ternyata emang jalan alternatif ini lewat gunung. Kanan kiri lama-lama tinggal pohon doang, sepi? Jelas. Paling ada beberapa motor yang lewat aja. Udah agak siang waktu lewat gunung Kencana, tapi udaranya masih sejuk. Salah satu yang bikin gue seneng itu pas ngelewatin perkebunan, di gunung Kencana ternyata ada dua perkebunan besar, kebun karet dan kebun kelapa sawit. Udah jarang banget liat beginian soalnya, jadi excited gitu, kalo boleh sih kemaren pengen berhenti dulu buat sekedar istirahat dan……….ya, foto. Hahaha. Akhirnya cuma bisa foto-foto aja didalem mobil sambil jalan.

Kebun Karet, Gunung Kencana.
Setelah jauh banget, jauh naik dan turun gunung. Akhirnya sampai juga di pantai Bagedur!!! Eh, tunggu, pasir putih nya mana? Kita emang udah dipinggir pantai, tapi pantai Bagedur gak seperti yang kita harapkan. Kata tante gue yang tau dari desas-desus tetangganya, pantai Bagedur itu bagus. Well, emang sih, bagus banget. Ombaknya besar, terus ada batu-batu karang, dan warna lautnya biru! Kereeeennn! Tapi kekurangannya gitu gak ada pasir putih. Kita jalan bawa recehan (anak bocah), jadi harus cari tempat aman buat mereka main. Akhirnya lanjutin jalan ngikutin jalur pinggir pantai. Jalanan banyak yang rusak dan masih tahap perbaikan. Tujuan kita selanjutnya itu pantai Sawarna yang udah deket ke Sukabumi. Dari muter-muter Banten terus ke Sukabumi, berasa mudik.

Jadi nambah jauh ke Sawarna. Heuheu
Jarak dari pantai Bagedur ke Sawarna itu cukup jauh, sampe bete. Dipinggir jalan itu laut keliatan jelas, bawaannya pengen turun aja. Haha. Tapi udah sampe juga kok di Sawarna, engga, engga balik ke pantai Bagedur lagi. Hahaha. Di daerah Sawarna ini banyak pantai, mulai dari yang rame sampe yang sepi. Karena udah jalan jauh, jadi kita gak mau ke pantai yang biasa aja dong, harus cari yang paling bagus. Hahaha. Berhenti juga di pantai apa gitu namanya, lupa. Pokoknya di pantai ini banyak tukang ojek yang nawarin jasanya buat nganterin kita ke pantai. Dari parkiran mobil kepantai itu dibatasin jembatan gantung kecil, dari situ kita naik ojek buat ke pantai. Serem banget di jembatan, goyang-goyang, mana yang lewat motornya gak sedikit lagi, parno, takut putus. Di pantai itu ada dua karang gede banget, terus pasir putih nya gak banyak, karena kata si tukang ojek semua wisatawan lebih banyak yang kesini, kita semua baru pertama kali ke Sawarna jadi iya-iya aja pas mau dibawa ke pantai itu. Bagus sih, masih sama kayak Bagedur, ombaknya gede juga, gak terlalu gede tapi, gitulah pokoknya.

Pasir putihnya mana?!

"Dek, nanti jangan tungguin gue pose ya, pencet aja pokoknya.". Hahaha
Udah selesai, udah bosen dipantai, pengen pulang. Pas istirahat itu mikir terus, kalo pulang lewat gunung tadi itu bakalan serem banget, banget, banget. Apalagi pas lewat hutan dan perkebunan, lampu jalannya gak ada, jalan sempit, haduh udah negatif aja pikirannya. Dijalan pulang kita berhenti-berhenti gitu buat nanya jalan yang enak. Dan dari survey para penduduk setempat *gaya banget pake survey segala*, hampir semuanya nunjukkin jalan lewat Saketi dan nyuruh jangan lewat gunung Kencana lagi. Okelah, lewat jalan bawah, walaupun lebih jauh muternya seengganya aman.
Jalanan bagus udah rapi. Tapi pas dijalan ke Saketi itu, ada jalanan yang rusak banget udah gitu gak ada lampu, pinggir jalan hutan, beneran hutan, panjang lagi jaraknya. Gila, ini mah hampir sama aja! Ngeliat kebelakang mobil aja udah susah ngeliat jalan, cuma ada terang bulan. Motor dan mobil udah jarang yang lewat, mungkin karena udah malem juga kali ya. Wah, pokoknya serem banget, tapi untungnya jalannya lebar, gak kayak di gunung yang kecil. Harusnya sih pemerintah bisa mempermudah akses ke tempat wisata ini, secara bakal banyak banget pendapatan buat daerah dari tempat wisata. Emang sih, lagi tahap perbaikan jalan, tapi kenapa gak daridulu aja? Pada asik ngurusin kepentingan sendiri sih *eh*. Semoga nanti pemerintah lebih concern buat majuin dan banggain daerah nya, amiiiiiiiiinnn.
Masih dijalan ke Saketi, ditengah jalan kita dicegat sama banyak anak muda! Damn, samping kiri kanan masih hutan, masih gelap, cuma ada dua mobil kita doang! Ini kenapa berhenti sih? Dalem mobil pada panik, gue sih santai, asik deh. Hahaha. Terus ada salah satu anak muda, seumuran gue kayaknya, mintain uang gitu. Ah……..ternyata mereka ngejagain jalan, karena jalan menyempit jadi satu jalur, jalur yang satunya lagi diperbaiki. Fyuuuuhhhh.. Setelah jalan itu akhirnya jalanan bagus lagi, dan makin ramai. Beberapa jam kemudian sampe rumah deh.

Lah, jadi panjang juga ceritanya. Oh iya, rentang waktu jalan gunung dan jalan biasa itu ternyata sama aja lamanya. Haha

No comments:

Post a Comment